Kamis, 18 November 2010

Definisi Chipset Beserta Fungsinya

* System chipset : adalah chip utama pada motherboard yang menentukan kemampuan motherboard secara keseluruhan. Chipset dibuat agar motherboard bisa memanfaatkan processor secara optimal. Karena itu, jenis chipset terus berubah sesuai dengan perkembangan teknologi processor, motherboard, dan peranti lain yang ditancapkan melalui bus system. Motherboard untuk processor intel banyak memakai chipset buatan intel, Via, dan Sys. Sedangkan untuk prosessor AMD banyak digunakan chipset buatan AMD, Nvidia, Via dan SIS.
Chipset yang dipasang pada motherboard biasanya dipisahkan menjadi chip north bridge (Bridge bertugas melakukan routing data antar bus dalam komputer) dan south bridge. Namun ada beberapa jenis chipset yang digabungkan menjadi satu. North bridge dipakai untuk mengatur komunikasi antara RAM, CPU, AGP, PCI Express, dan south bridge. Pada motherboard dengan kartu video (VGA) yang terintegrasi, north bridge-nya juga terdapat integrated video controllers. South bridge dipakai untuk komunikasi yang lebih lambat, misalnya operasi I/O peripheral seperti kontroller IDE, Kontroler DMA, USB, PCI bus, RAID, paralel, serial, dan port-port lainnya (termasuk keyboard dan mouse).
Ketika sebuah computer dinyalakan (power-on), yg pertama kali berproses adalah chip BIOS yg akan mem-verifikasi komponen yg dipasang sistem PC, seperti type processor, memory, add-on card, dan komponen lainnya. Biasanya semua komponen ini akan dideteksi otomatis oleh BIOS, dan disalin dalam list (daftar) yg dapat dilihat oleh user. BIOS mendapatkan power dari sebuah battere yg berfungsi ketika computer dimatikan (power-off), jadi data yg disimpan pada chip tidak akan hilang. Ketika BIOS selesai memverifikasi informasi dari seluruh komponen yg terinstall, maka tugas akan beralih ke chipset yg mengontrol seluruh device / komponen. Chipset mengatur processor ketika menginstruksikan atau meminta data dari memory, transfer dari memory ke HDD dan komponen I/O yg ada.
Alur Motherboard
Fungsi chipset pada motherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu ekspansi. Begitu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya. Masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik. Chipset sebenarnya tidak selalu terdiri dari sekumpulan IC atau sekumpulan chip, kadang-kadang dijumpai hanya terdiri dari sebuah chip saja.
Chipset pada video card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor. Sedangkan chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output (masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. Perlu diketahui, bahwa yang dibahas pada bab ini difokuskan pada chipset yang ada pada motherboard, bukan chipset yang ada pada komponen atau perangkat komputer lainnya.
Lebih jelasnya, dapat dikatakan bahwa chipset yang biasa terdapat pada motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komponen ke komponen lainnya. Misalnya mengarahkan data dari CPU (prosesor) menuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memori (RAM), serta mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O. Pada kasus ini, dapat diibaratkan bahwa chipset seakan-akan berfungsi sebagai ‘polisi lalu lintas’ pengatur aliran data pada motherboard di sebuah PC (Personal Computer).
Selain mengatur aliran data, chipset juga ikut menentukan piranti apa saja yang dapat didukung oleh PC tersebut, serta turut menentukan kecepatan FSB (Front Side Bus), bus memori, bus grafis, kapasitas serta tipe memori yang dapat didukung oleh motherboard yang bersangkutan, dan menentukan standart IDE, juga tipe port yang didukung oleh sistem.
Sebenarnya, lebih detail lagi dapat dijelaskan bahwa chipset tradisional pada motherboard terdiri dari dua bagian, yaitu northbridge dan southbridge. Tugas-tugas umum chipset seperti yang telah dijelaskan tadi, dibagi kepada kedua bagian chipset tersebut. Masing-masing bagian chipset (northbridge atau southbridge) mempunyai tugas sendiri-sendiri yang bersifat spesifik dan bekerja sesuai fungsinya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar